July 30, 2021

Link Informasi

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Peran Penting Domain Untuk Branding Produk Di Era Digital

4 min read
Era digital saat ini, bagi banyak orang adalah berkah.Banyak hal positif yang beriringan dengankemajuan teknologi, yang mungkin tak pernah terbayangkansebelumnya. Misalnya, jika duluuntuk melakukan aktivitas jual beli, orang harus pergike pasar, kini tidak lagi. Dengan ujung jari,aktivitas jual beli menjadi mudah sekali. Berbekalgadget dan sambungan internet, semua orangsudah bisa melakukan transaksi.Internet membuat kegiatan menjadi semakin mudah. Kitatak perlu lagi menghabiskan waktuberjam-jam di jalanan untuk mempromosikan apa yangkita jual. Dengan teknik pemasaranyang tepat, brand yang dibangun bisa dikenal orangdengan lebih cepat.Branding, di era digital tak bisa dilepaskan darisocial media dan website. Dengan website,kamu bisa mengenalkan secara lengkap tentang bisnismukepada banyak orang. Dan mediasocial berfungsi mendekatkan brand dengan pelanggan.Branding, tidak bisa dilepaskan dari nama domain.Nama domain di website, bukan lagisekadar nama, namun bisa menjelma menjadi identitasbrand yang akan selalu diingat orang.Mengingat eratnya kaitan nama domain dengan brand,kini banyak orang yang berlombamengamankan nama domain yang mereka inginkan agartidak diambil orang lain.

Apa Itu Branding?

Branding adalah aktivitas pemasaran yang bertujuanuntuk membentuk identitas merek.Branding menjadi jalan yang ditempuh oleh bisnis untukmenarik perhatian dari calonpelanggan. Salah satu contoh branding yang berhasiladalah orang yang baru pertama kalimenggunakan produkmu, kemudian seterusnya akan menggunakanprodukmu, meskipun adakompetitor yang menyediakan layanan yang sama.Dengan kata lain, jika ingin bisnismu sukses, brandingadalah hal yang tak bisa ditawar-tawarlagi. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah,brand dan branding adalah dua hal yangberbeda.

Nama brand adalah nama yang akan ditampilkan agar dapat dilihat dan dikenali orang.Sedangkan brand, adalah nama yang akan muncul di pikiranorang ketika mendengar namatersebut disebut.Pentingkah Branding di Era Digital?

Nama brand adalah nama yang akan ditampilkan agar dapat dilihat dan dikenali orang.Sedangkan brand, adalah nama yang akan muncul di pikiranorang ketika mendengar namatersebut disebut.

Pentingkah Branding di Era Digital?

Jika ada pertanyaan demikian, jawabannya adalah membangunbrand di era digital sangatlahpenting. Kita semua bisa sepaham bahwa lebih mudahuntuk menjual produk bilamenggunakan brand yang terkenal. Penyedia hosting terbaik umumnya juga menyediakan.

Cara Melakukan Branding di Era Digital

Untuk melakukan branding di era digital diperlukanyang namanya domain. Domain bisamenjadi langkah awal untuk melindungi brand-mu diinternet. Karena nantinya nama domain lahyang akan diingat orang dan calon pelanggan sebagaialamat bisnismu di dunia maya. Disinilah peran penting domain untuk brand.Domain sendiri adalah nama unik yang tidak ada duanyadi dunia. Sejauh ini, tidak pernahditemukan adanya dua nama domain yang sama. Kalaupunada yang sama, pasti terdapatperbedaan ketika dituliskan sebagaimana domain. Yangmembedakan, seperti penggunaansimbol dan ekstensi domain.Sebagai contoh, adidas.com. Domain ini hanya ada satudi dunia. Ketika mendengar namaAdidas, yang terngiang tentu saja perusahaan penyediaapparel olahraga terkemuka di dunia.Dengan rutin menjadi sponsor event-event besar danpara atlet top di dunia, begitulah caraAdidas membranding dirinya. Saat orang mendengar namabrand milikmu, seketika orang akanmengingat bisnis apa yang kamu jalankan.

Manfaat Penggunaan Nama Domain Brand

Mengadopsi ekstensi domain yang unik tidak hanya menunjukkanpada banyak orang bahwakamu adalah orang yang kreatif. Tetapi juga menjadipenegasan bahwa kamu tak mauketinggalan tren digital. Domain branding dapat meningkatkanjangkauan pemasaran, brandawareness, menghasilkan lead, dan tentu saja, memudahkanpromosi kedepannya.Berikut ini adalah pentingnya peran domain untuk brandingdi era digital:

1.Nama Domain Sebagai Indikator Adaptasi

Faktanya, memiliki website dan nama domain menggambarkanbahwa brand yang kamubangun dapat beradaptasi dengan teknologi. Semakinunik nama domain yang dipilih, orangakan lebih mudah mengingatnya. Misalnya saja kalaukamu adalah blogger dengan nicheteknologi, nama domain dengan ekstensi .tech bisamenjadi identitas.

2.Dapat Terhubung ke Market yang Spesifik

Kalau kamu memiliki target market yang spesifik, makajuga harus memilih nama domain yangspesifik pula. IDwebhost contohnya. Sebagai brand,IDwebhost menjual segala hal yangberkaitan dengan website. Mulai dari sebagai registrardomain, penyedia hosting, jasapembuatan website, hingga audit SEO. Jadi saat adaorang yang mengetikkan namaIDwebhost, mereka bisa mendapatkan semua layanan hostingdalam satu atap. Tidak perluberpindah ke halaman website lainnya.

3.Memperkuat Identitas Brand

Nama domain adalah yang pertama dilihat orang ketikabersinggungan dengan bisnismu. Inilahperan penting nama domain sebagai cara berkomunikasi antara pengunjung website tentangbisnismu. Menggunakan nama brand sebagai nama brandbisa membangun brand identitybisnismu dengan lebih cepat.

Cara Memilih Nama Domain Untuk Branding

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba dalam memilih nama domain yang tepat. Berikut penjelasannya.

Memilih Nama Domain Berdasarkan Branding

Kamu bisa memilih nama domain berdasarkan mereka tau branding. Ini tentang bagaimana pengunjung mencari, mengingat dan membagikan apa yang mereka temukan di website mu. Padaumumnya, seseorang harus menentukan nama domain pada saat ia memilih nama mereka tau brand-nya. Dengan kata lain, kamu harus menggunakan merek bisnis sebagaimana domain. Mesin pencari Google sangat menyukai brand, karena pengguna memang menyukai brand. Branding yang kuat akan mendorong pengunjung untuk melakukan klik, membaca, membagikan dan menakutkannya ke website atau mediasosial mereka. Semakin banyak orang yang mengingat website mu, kemungkinan besar mereka akan datang kembali. Danyang jelas hal ini akan meningkatkan kredibilitas dari website mu. Hasil akhirnya tentu saja branding yang positif akan meningkatkanranking website di mesin pencari.Tips memilih nama brand sebagai nama domain:

Nama brand sudah ada dikenal luas.

Sudah pernah melakukan promosi dan membangun brandawareness

.Brandmu memiliki nama sendiri.

Brandmu sangat unik.

Memilih Nama Domain Berdasarkan Kata Kunci

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah memilih nama domain berdasarkan katakunci. Nama domain ini membuat kata-kata yang berkaitan dengan bisnis, produk atau layanan milikmu. Namun, memang ada kecenderungan Google lebih menyukai pemakaian nama brand sebagaimana domain. Namun kembali pada poin pertama, Google lebih menyukai pemakaian nama brand sebagai nama domain.

Domain Branding

Nama domain saja tidak akan memberikan detail yang  spesifik tentang produk atau layanan yang kamu jual. Website ini bisa diberi nama apapun. Namun kelemahan dari penamaan seperti ini adalah, besarnya usaha yang harus kamu keluarkan untuk melakukan promosi dan membangun branding.

Domain Berdasarkan Lokasi Bisnis

Pemakaian nama domain ini akan membantumu untuk menargetkan calon pelanggan disebuah wilayah. Nama domain akan membuat calon pelanggan mengetahui bahwa kamu memiliki produk atau layanan berdasarkan dari nama domain dan berada di wilayah tertentu. Namun kelemahan dari pendekatan ini akan membuat kamu kesulitan saat ingin mengembangkan merek karena terhalang lokasi tertarget sebelumnya.

Penutup

Memilih nama domain murah untuk branding bukanlahpekerjaan yang main-main. Domainbranding yang tepat, bisa memperkuat identitas bisnismudan dapat dikenal oleh banyak orang.Jadi, sudah menemukan nama domain yang kamu cari?

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.