June 18, 2021

Link Informasi

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Apa itu Lobak Putih, Manfaat dan Cara Mengolahnya?

3 min read

Anda pernah melihat sayuran berbentuk serupa wortel tapi versi lebih besar? Bedanya, sayuran ini berwarna putih yang dilengkapi dengan daun berwarna hijau di bagian atasnya. Namanya lobak putih. Penasaran apa saja manfaat lobak putih?

Apa itu lobak putih?

Lobak putih adalah sayuran yang berasal dari negara Tiongkok yang juga memiliki nama lain daikon dan lobak Jepang. Sayuran ini kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia, khususnya di daerah dataran rendah dan pegunungan.

Sayuran bernama latin Raphanus raphanistrum var. sativus ini masuk ke dalam keluarga Brassicaceae atau Cruciferae. Golongan kelompok sayuran tersebut masih satu keluarga dengan sayuran kol atau kubis.

Butuh tanah gembur dan subur untuk mendapatkan sayuran ini dengan kualitas baik. Uniknya, sayuran ini bisa ditanam baik pada musim hujan maupun kemarau. Dengan catatan, harus diberikan pengairan cukup untuk menjaga kelembabannya.

Sebenarnya bukan hanya ada satu, melainkan ada beberapa jenis lobak yang ada di pasaran. Namun, jenis lobak dengan warna putih inilah yang biasanya paling mudah ditemukan di tengah-tengah bagian sayuran saat Anda berbelanja.

Bagi Anda yang gemar mencoba hidangan baru, menu dengan bahan utama lobak putih bisa menjadi pilihan. Rasanya hampir sama dengan kentang tapi sedikit agak pahit. Namun jangan khawatir, sebab rasanya akan semakin lezat ketika sudah diolah.

Apa kandungan nutrisi di dalam lobak putih?

Sayur lobak Jepang mungkin sukar ditemukan di penjaja sayur maupun pasar tradisional. Bahkan, tampaknya masih banyak orang yang akan sedikit kebingungan ketika ditanya mengenai sayuran dengan warna khas putih ini.

Meski begitu, kandungan zat gizi di dalamnya sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Terbukti menurut Data Komposisi Pangan miliki Kementerian Kesehatan RI, ada beragam nutrisi penting yang terkandung pada jenis lobak ini.

Dalam 100 gram (gr) sayur lobak, bisa menyumbang sekitar 21 kalori, 0.9 gr protein, 0.1 gr lemak, 4.2 gr karbohidrat, dan 1.4 gr serat. Selain itu, sejumlah vitamin dan mineral turut melengkapi zat gizi di dalam sayuran asal negeri tirai bambu ini.

Mulai dari vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, hingga seng (zinc). Jadi mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk makan sayur lobak yang tidak hanya segar tapi juga menyehatkan tubuh ini.

Manfaat lobak putih untuk kesehatan

Lobak putih merupakan sumber serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut baik bagi sistem pencernaan Anda. Namun, ternyata manfaat lobak putih tidak berhenti sampai di sini, masih banyak manfaat yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut beragam manfaat lobak putih bagi tubuh.

1. Lobak putih bisa membantu menurunkan berat badan

Lobak putih mengandung serat yang baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Sedikit berbeda seperti ketika Anda makan makanan sumber karbohidrat, lemak, atau protein.

Serat pada makanan akan lewat tanpa melalui proses pencernaan, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Lebih dari itu, serat justru akan melancarkan kerja pencernaan karena memberi asupan makanan bagi bakteri baik di dalamnya.

Serat dapat mengikat lemak-lemak yang menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh. Bukan hanya itu, dengan banyak mengonsumsi sumber serat seperti lobak putih, Anda akan lebih cepat merasa kenyang.

2. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan fakta mengenai lobak daikon. Jenis lobak ini disebut-sebut mampu mengandung senyawa tertentu yang bisa membantu mencegah penyakit jantung serta stroke.

Kandungan antioksidan di dalam lobak ini yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sekaligus mencegah risiko serangan jantung dan stroke. Flavonoid yaitu jenis antioksidan di dalam sayur lobak yang bermanfaat bagi kesehatan.

Termasuk untuk menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah. Banyak studi telah membuktikan bahwa zat antioksidan ini mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner dan penyakit stroke.

Itu tadi penjelasan tentang lobak putih, kandungan dan manfaatnya. Dengan begitu manfaat yang terkandung dalam lobak sudah saatnya kita rajin mengkonsumsi sayur yang satu ini. Untuk mendapatkannya, kamu dapat membelinya di aplikasi beli sayur online TaniHub.

TaniHub bisa dibilang merupakan platform belanja segala kebutuhan dapur online yang paling dikenal saat ini. Selain menyediakan sayur, daging, dan buah, kamu juga bisa menemukan bumbu jadi atau bahkan makanan jadi seperti salad dan dressingnya di sini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.