Web Automation dengan Katalon Recorder Terbaik

Kini kita bisa melihat bukti banyaknya perkembangan teknologi yang semakin pesat di setiap harinya. Ada banyak website, bahkan situs yang dibuat dengan bermacam-macam tujuan dan salah satunya digunakan untuk berbisnis. Salah satunya adalah dengan menggunakan katalon recorder.

Apa Itu Katalon? Bagaimana Fungsi dan Penggunaannya?

Selain menggunakan automation testing menggunakan system ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan melakukan web automation testing menggunakan browser recorder ini sendiri. Sebelum mengetahuinya lebih lanjut, maka pahamilah pengertian dari sistem atau pengaturan ini sendiri.

Katalon automation recorder sendiri merupakan salah satu alat perekam optimasi yang nantinya bisa dilakukan untuk merekam berbagai hal. Baik tindakan untuk menangkap sejumlah elemen web yang ada dalam aplikasi website sendiri. Bahkan ada fitur atau fungsi lain yang dapat dilakukan seperti memutar test case serta melakukan pelaporan dengan cepat serta mudah. Namun, ada beberapa tahapan yang harus bisa semua orang lakukan dalam menggunakan perekam ini sendiri untuk websitenya.

Bagaimana Cara Membuat dan Menggunakan Web Automation Testing dengan Katalon Recorder?

Sebelum menggunakan alat perekam ini, maka Anda wajib untuk paham tentang beberapa cara penggunaan dari alat perekam ini sendiri. Di mana untuk beberapa cara penggunaannya khususnya penggunaan unruk web di antaranya sebagai berikut ini:

  • Anda bisa menambahkan ekstensi untuk perekam ini pada browser yang Anda miliki. Di mana ekstensi perekam ini bisa Anda download dengan mudah menggunakan sejumlah browser. Usahakan untuk menentukan link yang terpercaya. Kemudian, tambahkan ke Chrome maupun add to Chrome untuk nantinya bisa digunakan pada web yang Anda miliki.
  • Kemudian, buka website apa saja untuk melakukan pengujian. Lalu, Anda bisa memilih ekstensi recorder atau perekam yang sudah Anda install sebelumnya. Setelah Anda memilih ekstensi, maka kemudian Anda akan diarahkan pada halaman tertentu. Pada langkah ini, Anda bisa memilih test suite dengan menekan icon plus dengan warna merah yang letaknya ada di bagian pojok kiri atas dan lebih tepatnya di sebelah kanan test suite.
  • Lalu, cara berikutnya yang harus dilakukan dengan membuat test case yang baru. Bagaimana caranya? Untuk cara yang dapat dilakukan ini bisa dengan memilih tanda titik tiga yang ada pada sebelah test suite yang baru dibuat sebelumnya. Kemudian, pilih kembali add new test case. Lalu, masukkan nama test case yang anntinya akan Anda buat. Apabila sudah selesai, maka Anda bisa memilih tombol oke.
  • Pada saat Anda sudah membuat test case yang baru, maka Anda bisa memilih test case tersebut untuk kemudian memilih icon record dan memulai untuk mengecek atau mengetes pada web yang akan digunakan. Kemudian, dengan menekan record, maka Anda akan diarahkan pada website Anda sendiri. Nantinya Anda bisa melakukan pengujian pada case test yang akan dilakukan.
  • Apabila nantinya pengujian untuk test case ini sudah selesai, maka Anda bisa membuka pada halaman utama dari ekstensi perekam ini untuk kemudian memilih tombol stop pada bar navigasi untuk bisa menghentikan perekaman yang sudah Anda lakukan.
  • Setelah Anda selesai dalam melakukan proses perekaman, Anda bisa mengecek apakah rekaman yang sudah dilakukan ini ada error atau bermasalah dalam proses pengujiannya atau justru sebaliknya. Untuk nantinya memutar kembali maupun melakukan playback, maka Anda bisa memilih icon play yang letaknya ada di bar navigasi. Dengan memutar icon ini, maka fitur recorder ini akan selesai bahkan masuk pada hasil rekaman yang sudah dibuat sebelumnya.

Jika seluruh proses di atas sudah dilakukan, maka Anda bisa dengan mudah untuk melihat hasil katalon recorder yang sudah dibuat dan disimpan dengan nama file yang diinginkan.

Web Automation dengan Katalon Recorder Terbaik
Scroll to top