Ingin Rumah Dijual Cepat Laku?Ikuti 5 Trik Berikut!

Menjual rumah bukan perkara yang mudah. Properti seperti rumah memiliki resiko penurunan harga yang sangat minim. Harga dari properti tersebut bisa dipastikan mengalami lonjakan setiap tahunnya.

Saat ini, kondisi perekonomian masyarakat yang masih dalam tahap recovery setelah adanya pandemi. Tidak heran jika daya beli masyarakat terhadap properti seperti rumah cukup rendah.

Bagi Anda yang ingin menjual rumah, Anda harus melakukan beberapa trik khusus agar rumah yang Anda jual dilirik oleh calon pelanggan. Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar rumah dijual tersebut cepat laku.

1. Menawarkan rumah dengan harga yang tepat

Trik pertama yang bisa Anda lakukan untuk menarik calon pembeli rumah adalah menawarkan properti dengan harga yang tepat.

Jika Anda menawarkan harga rumah terlalu tinggi, kemungkinan besar tidak akan ada calon pembeli yang melirik. Begitu pula sebaliknya, bila Anda menawarkan dengan harga yang terlalu rendah, Anda akan mengalami kerugian.

Agar rumah dijual cepat laku dan tidak merugi, Anda harus melakukan perhitungan yang tepat sebelum menentukan harga jual properti tersebut.

Sebelum menentukan harga, Anda bisa mencari informasi mengenai harga jual rumah maupun tanah di sekitar. Anda bisa bertanya langsung kepada masyarakat sekitar mengenai harga jual properti beberapa waktu terakhir.

Agar lebih yakin, Anda juga bisa datang langsung ke kantor pertanahan untuk menanyakan informasi terkait harga jual tanah di sekitar. Informasi mengenai harga tanah juga diperlukan karena rumah yang Anda jual tidak hanya menjual bangunannya saja melainkan satu paket.

Cara perhitungan harga jual properti yang paling sederhana yaitu mengalikan luas tanah dengan harga bangunan per meternya. Hasil perkalian tersebut dapat Anda jadikan patokan harga terendah.

Anda bisa menaikkan harga properti dengan berbagai pertimbangan, seperti lokasi, kondisi bangunan, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan Anda melakukan perhitungan dengan cermat sebelum menentukan harga jual rumah.

2. Merenovasi beberapa bagian rumah

Kondisi bangunan bangunan juga berpengaruh terhadap harga jual rumah. Anda bisa melakukan beberapa renovasi di beberapa bagian sebelum menawarkannya.

Anda tidak perlu melakukan renovasi secara menyeluruh. Anda bisa melakukan perbaikan di beberapa bagian rumah yang mengalami kerusakan parah.

Bagian-bagian rumah seperti lantai, atap, pintu, jendela, saluran air, dan saluran listrik merupakan bagian penting yang harus Anda pastikan tidak mengalami kerusakan.

Kerusakan pada bagian-bagian penting rumah akan menurunkan minat calon pembeli. Untuk itu, pastikan Anda melakukan perbaikan atau renovasi pada bagian-bagian rumah tersebut.

3. Memasang iklan

Agar rumah dijual cepat laku, Anda bisa memasang iklan. Cara konvensional seperti menawarkan dari mulut ke mulut terbilang kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama.

Anda bisa memasang iklan baik media cetak maupun elektronik. Dengan media cetak, Anda bisa memasang iklan pada koran lokal.

Media cetak lainnya yaitu dengan mencetak spanduk yang berisi informasi tentang properti dijual. Anda bisa memasang spanduk tersebut tepat di depan rumah yang akan dijual.

Anda juga bisa memasang spanduk tersebut di beberapa bagian yang banyak terlihat orang seperti pertigaan maupun perempatan jalan.

Selanjutnya yakni media elektronik. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan media sosial saat ini. Anda bisa memasang iklan pada Facebook, Instagram, Story WhatsApp, maupun media elektronik lainnya.

Saat Anda memposting iklan tersebut, pastikan Anda juga memberi kata kunci atau keyword yang tepat. Keyword tersebut bisa berisi lokasi rumah yang akan dijual. Anda bisa menempatkan kata kunci seperti rumah dijual di Jakarta atau rumah dijual cepat Jakarta.

Media elektronik dianggap lebih cepat menyebarkan informasi dibandingkan media cetak. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan kedua media tersebut agar informasi mengenai rumah yang Anda jual cepat tersebar.

Dengan banyaknya orang yang tahu, semakin besar pula kesempatan rumah Anda cepat laku terjual.

4. Memfoto rumah dengan bantuan jasa profesional

Trik ini merupakan pelengkap dari trik sebelumnya yakni memasang iklan. Saat Anda memasang iklan, Anda juga perlu menyertakan foto bangunan rumah. Dengan begitu, calon pembeli mempunyai gambaran mengenai kondisi bangunan rumah.

Agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam pemilihan foto, Anda bisa menggunakan jasa profesional. Anda bisa meminta bantuan tim foto agar memilih bagian rumah yang tepat untuk ditampilkan dalam iklan.

Tim fotografer biasanya mencari bagian rumah yang dianggap menarik. Selain itu, bagian rumah yang memiliki pencahayaan tepat akan menghasilkan foto yang bagus.

Di iklan rumah dijual, Anda harus menampilkan foto bangunan rumah secara keseluruhan. Untuk bagian dalam rumah, Anda bisa memilih beberapa foto saja.

Dalam membuat desain iklan, Anda juga bisa meminta bantuan jasa profesional. Dengan begitu, desain iklan Anda terlihat lebih menarik dan tidak pasaran.

5. Meminta bantuan pihak ketiga

Menjual rumah termasuk pekerjaan yang membutuhkan waktu dan tenaga. Jika Anda termasuk orang sibuk, Anda bisa meminta bantuan pihak ketiga.

Anda hanya perlu mengalokasikan dana untuk biaya jasa ketiga tersebut. Anda tidak perlu mengatur segala keperluan seperti pembuatan iklan. Yang perlu Anda lakukan hanya menunggu rumah Anda laku dijual dengan bantuan pihak ketiga tersebut.

Demikian tadi 5 trik agar rumah dijual cepat laku. Kelima trik tersebut saling berkaitan satu sama lain. Oleh sebab itu, jika rumah Anda ingin cepat laku segera lakukan kelima trik tersebut.

Ingin Rumah Dijual Cepat Laku?Ikuti 5 Trik Berikut!
Scroll to top