July 30, 2021

Link Informasi

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

CARA MEMULAI USAHA EVENT ORGANIZER SEBELUM ANDA MENDAFTAR DI PADI UMKM BAGIAN I

3 min read

 

Bergabung di PaDi UMKM bukanlah suatu hal yang rumit terutama untuk Anda para pengusaha pemula yang bergerak dibidang event organizer atau ingin mencoba peruntungan di bidang EO ini dapat menjadi suatu hal yang mudah terutama apabila anda bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini. Bidang usaha EO cenderung menurun akibat pandemic namun tidak mematahkan para pengusaha di bidang EO untuk siap menghadapi berbagai upaya agar perusahannya yang bergerak di bidang EO berjalan.

Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang event organizer anda perlu ketahui tahapan cara membuat usaha ini yang dikutip dari porinto com agar ketika anda mendaftarkan vendor milik anda pada PaDi UMKM, vendor EO yang anda miliki dapat cepet dilirik oleh para pembeli yang notabennya adalah para pembeli dari perusahaan BUMN.

Berikut ini akan kami berikan penjelasannya secara bertahap, yang bisa anda coba praktekkan apabila anda ingin mulai menggeluti usaha EO ini dan menjadikannya sebagai bisnis utama anda kedepannya.

Pertama, Menambah pengalaman (apabila anda belum memilikinya), Langkah pertama dalam cara memulai usaha EO adalah dengan menambah pengalaman anda, terutama apabila anda belum pernah menangani suatu event sebelumnya. Anda bisa bergabung dengan kepanitiaan acara di sekitar rumah, sekolah, atau kampus anda, atau bergabung dengan EO yang sudah berdiri lebih dahulu, supaya anda bisa lebih memahami bagaimana cara kerja dan apa saja yang perlu dikerjakan. Biasanya suatu kepanitian akan terbagi ke dalam beberapa kelompok atau seksi, misalnya seksi acara, perlengkapan, publikasi, keamanan, atau konsumsi, dan sebaiknya anda mencoba bekerja di seluruh seksi yang ada supaya pemahaman anda tentang pekerjaan di dalam seksi tersebut semakin bertambah.

Kedua, Kumpulkan tim, Setelah anda merasa cukup berpengalaman, tahapan selanjutnya dalam cara memulai usaha EO adalah anda bisa mulai membentuk tim yang terdiri dari orang-orang yang anda percaya dapat membantu anda dalam menjalankan usaha EO tersebut. Pada tahapan ini sebenarnya sangat tentatif, karena bisa saja anda bergerak sendirian atau berdua, dan sisa pekerjaan lainnya bisa anda limpahkan kepada pihak ketiga alias vendor yang sudah anda percaya kualitasnya. Tim yang kami maksud di sini bukanlah orang-orang yang akan bertugas sebagai eksekutor di lapangan, melainkan terdiri dari individu yang mampu membantu anda merancang konsep, menyusun anggaran dan proposal, dan tugas-tugas utama lainnya.

Ketiga, Jalin kerjasama dengan vendor untuk EO, Seperti telah kami singgung sedikit pada poin sebelumnya di atas, anda juga harus menjalin kerjasama dengan vendor-vendor yang bisa anda percaya dan sudah terbukti kualitas pekerjaannya. Beberapa jenis vendor untuk EO yang krusial dan umumnya diperlukan di beberapa jenis event misalnya adalah vendor untuk panggung, sound system, pencahayaan (lighting), dekorasi, dan penyediaan alat-alat seperti genset, AC portabel, projektor beserta layar, dan lain sebagainya.

Keempat, Promosikan ke dalam lingkaran pertemanan dan keluarga usaha EO anda, Untuk mulai mempromosikan usaha EO anda, mulailah dari lingkungan terdekat terlebih dahulu misalnya teman-teman anda atau anggota keluarga, baik keluarga inti ataupun keluarga jauh. Hal ini dikarenakan pengelolaan event ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan karenanya anda benar-benar membutuhkan kredibilitas apabila anda ingin dipercaya mengerjakan event skala besar, sehingga memulai dari orang-orang terdekat akan menjadikan anda lebih mudah dipercaya dan secara perlahan menambah pengalaman anda.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.