July 30, 2021

Link Informasi

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Apa dan Untuk Apa Itu Root Blower? Bagaimana Cara Perawatannya?

3 min read

 

Bagi anda yang belum mengenal istilah root blower, maka artikel ini merpakan tempat yang tepat bagi anda dalam mengetahui apa ituu root blower, digunakan dalam hal apa saja, dan bagaimana cara perawatannya.

Pengertian Root Blower

Sebelum menginjak pada beberapa fungsi dan perawatan root blower, alangah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu root blower. Root blower adalah alat kompresos atau alat yang berfungsi sebagai perpindahan udara dari ruangan satu ke ruangan yang lainnya.

Kaca kerja root blower adalah dengan memompa cairan yang ada didalamnya. Sedangkan prinsip kerja alat ini dengan menghasilkan rotasi yang dinamakan “arah aliran udara” yang sebelumnya telah diatur waktunya sehingga menghasilkan tekanan sesuai yang diinginkan.

Fungsi Root Blower

Di bawah ini beberapa fungsi root blower yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui bebrapa fungsi di bawah ini, anda akan lebih paham dan tau cara kerja dari root blower sendiri. Berikut beberapa fungsinya.

1. Sebgai pemurni air

Fungsi yang pertama dari alat ini adalah sebagai pemurni air. Disini root blower akan mengangkat tanah atau pasir yang telah tercampur air. Dengan bantuan root blower air yang semula kotor akan menjadi bersih.

2. Sebagai pengering

Diktakan sebagai pengering karena alat ini dapat menghilangan kandungan air yang terdapat pada suatu benda. Jadi jika ada suatu benda yang basah seperti alat-alat rumah tangga, sofa, bahkan sepeda yang basah, dapat segera dikeringkan menggunakan root blower.

3. Sebagai olat oksigenasi

Oksigenasi adalah sebuah istilah memberikan oksigen dalam air. Biasanya hal ini dilakukan oleh para petani yang berbudidaya diperaian, seperti petambak ikan, atau dalam aqurium.

Penggunaan root blower pada tambak ikan aakan menjaga kandungan oksigen dalam air, supaya tetaap terjaga.

4. Sebagai pembatu beberapa proses dalam pabrik

Beberpa proses dalam sebuah pabrik juga memerlukan alat ini seperti pemberian oksigen, menghilangkan kadar air dalam suatu produk, proses pembekuan makanan, dll.

Cara Perawatan Root Blower

Hal terakhir yang harus anda ketahui mengenai root blower adalah bagaimana perawatannya. Tentu jika kita sudah mengetahui beberapa cara perawatan root blower, akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada root blower kita.

Namun jika memang root blower kita rusak, kita bisa pergi ke servis root blower yang sudah handal dan terpercaya. Berikut beberapa tips cara perawatan root blower.

1. Pemerikasaan mesin

Pertama yang harus kita lakukan adalah pemerikasaan pada mesin, terutama pada pelumasnya. hal yang harus anda lakukan adalah dengan memeriksa jumlah oli yang ada beserta kualitasnya.

Jika kualitas oli kita sudah buruk, maka harus kita ganti dengan oli yang berkualitas. Karena baik buruknya kualitas oli akan mempengaruhi kinerja dari root blower itu sendiri.

2. Pemerikasaan V-Belt dan Pulley

Hal ini harus dilakukan secara berkala, karena kerusakan pada bagian V-Belt dapat terjadi kapan saja. Kerusakan pada V-Belt ini ditandai dengan adanya bunyi yang memekik. Hal ini terjadi karena pemakaian V-Belt sudah melampai batas, oleh karena itu, jika sudah ada tanda bunyi tersebut, alangah baiknya jika segera diganti dengan yang baru.

Pulley merupakan pasangan dari V-Belt. Pemerikasanaan pada bagian ini juga harus dilakukan secara berkala. Jika memang sudah rusak, segera diganti dan jangan sampai Pulley haus. Selain itu kebersihan pada Pulley juga harus tetap terjaga.

3. Pemeriksaan pada Inlect Slincer

Pemeriksaan pada bagian ini juga sangat perlu dilakukan. Karena jika tidak bisa terjadi kebocoran pada area inlect slincer yang mengakibatkan udara yang keluar masuk tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.